Mencari jawaban reaksi disekitarmu

1 comment
-->
Ada SMS dari adek tingkat ku yang menanyakan kegitan yang sedang dialaminya maklum mungkin kurang kerjaan waktu liburan hehehe...tapi salut berati hal ini menunjukkan bahwa dia peduli terhadap lingkungannya, pertanyaanya “mbk, tw gak tadi Aq Bikin sirup “tiiiit” (karena sebut merk) rasa jambu, kn warnanya merah tuh terus aq tambahin susu kental manis nah warnanya jadi pink.....Eh baru aq minum dikit terus aku tinggal, gak tahunya sirup+susu wujudnya jadi berubah kayak ada 2 lapisan bawah kayak susu yang denaturasi itu loh mbk...nah yang lapisan atasnya air putih yang kepisah....itu kenapa ya mbk?
1.      Balesan pertama dari aku: iya berati jenis susu kan lebih besar lebih kental sehingga susu mengendap di bawah adapun teksturnya yang kayak pecah-pecah atau terdenaturasi mungkin dikarenakan emulsi yang ada kurang atau emulsi yang kamu ciptakan kurang, tetapi jawaban ini aku sendiri belum yakin
2.      Adek tingkatQ membalas: hwoa....masa bikin gitu aja pake itung-itungan emulsi mbk? Ini bener-bener rusak mbk teksturnya kayak jeglungan yang ada danau air putih jadi kelihatannya kayak pasir gurun warna pink yang atasnya ada genangan oase air.
3.      Masih memikirkan kasus tersebut sambil berpikir aku baru ingat bahwa sirup yang digunakan bersifat asam. Lalu aku membalas SMS nya lagi : yang aku maksud bukan itung2an emulsinya tapi keadaan untuk menciptakan emulsi yaitu mungkin kurang diaduk. Tetapi setelah aku pikir-pikir dek hal tersbut terjadi lebih karena disebabkan karena penambahan asam (yaitu ditambah dengan sirup) karena sifat susu itu akan menggumpal atau mengendap disebabkan kegiatan enzim atau penambahan asam, selain itu dalam susu itu kan terdapat casein nah kalau berada pada pH asam akan afinitas partikel terhadap air sehingga terjadilah pengendapan.
4.      Kemudian dibales Lah mbk babeQ juga ngomong gitu masalah asam-basa. Karena ada hubungannya dengan asam aku coba bikin lagi tapi ditambahin cuka dapur hasilnya emang sama tetapi rekasinya cepetan yang yang pekek sirup mbk. Wah-wah berati lebih pekat sirupQ donk daripada cuka dapur?
5.      Akupun berpikir padahal kayaknya gak mungkin sirupnya lebih asam daripada cuka...hem iya ding* akupun menjawab balum tentulah kan kamu tidak pakek perbandingan dalam mencampur-campurkanya sehingga menyebabkan reaksinya lebih cepat kelihatannya karena akibat kepekatan asam.
6.      Dia membalas: gak tahu ding pusing mikirin gituan yang lebih jadi pikiran aku itu gimana nasib sirup susu yang udah masuk ke perutQ tadi yua soalnya aku minum rasnya enak......ohohohoo....
7.      Akupun menjawab hwkwkwk....berati minum susu yang dah terdenaturasi karena kebanyakan asam dan mungkin rekasinya ya  m e n c r e t  (dalam bahasa jawa).
8.      Diya pun membalas   T_T

1 komentar:

Monggo....^_^