Marine Yeast Bisa Meningkatkan Kadar Asam Amino Kerang Dara

Leave a Comment
Marine yeast ini adalah bukan yeast biasa dia adalah yeast yang tinggal di laut hehehe namanya juga marine, kalau mau pengen tau sejarahnya marine yeast sebut saja MY panggilan aseli, searching sendiri ya karena saya disini saya akan lebih membahas tentang asam amino dari kerang darah yang telah dihidrolisis oleh MY, o iya nanti kalau kamu searching2 tentang MY pasti bakal sering nemuin nama Prof.sukoso beliau adalah pembimbing penelitian ini ya sejak itulah sayapun juga akhirnya tau yang namanya MY.

Ehem..baiklah kita mulai *pasang muka serius
Baiklah saya akan mulai dr Kerang Dara (Anadara granosa) nah kerang dara ini saya bikin hidrolisat protein kerang (HPK) mungkin kalian sering mendengar kata2 HPI hidrolisat protein ikan, tapi karena ikan ini udah populer dibikin hidrolisat sedangkan pemanfaatan kerang cuman gita-gitu aja makanya saya bikin hidrolisat dan bikin hidrolisat ini kan butuh penghidrolisisnya to untuk menghidrolisis protein yg terkandung supaya jadi asam-asam amino...yoook... bener bgt supaya menjadi senyawa yg lebih sederhana begitu, naaah disinilah MY berperan sbg penghidrolisisnya loh ko bisa? knp harus dia??? itu karena MY mengandung enzim protease...
Taulah protease saudaranya tomingse hahaa tu enzim emang fungsinya khusus pemecah protein, you knowlah mulai dr guru sampai dosen selalu bilang prinsip enzim dan substrat kayak kunci ama gembok jadi kerjanya spesifik bgt. So ga mungkin enzim protease bakal mecah lemak atau senyawa yg lain jadi pasti dia mecah protein.
Singkat ceita haaha apaan niih ngomongin ilmiah ko disingkat-singkat kalau mau lengkap baca langsung laporanku :D pada akhirnya asam amino yang dihasilkan ternyata kadarnya meningkat setelah dihidrolisis pake MY berati menunjukkan bahwa penelitian ini berhasil yaitu MY emang bisa digunakan sbg sumber enzim protease. Asam amino secara total kadar keseluruah dr 18 asam amino yg dihasilkan emang meningkat setelah dihidrolisis tapi kalau dikupas satu-satu 18 jenis asam amino masing-masingnya tidak mengalami peningkatan semua. Ada 3 Asam amino yang penting yg naik ni saya sebut penting karena mereka esensial yap karena dia tidak dapat dibuat dalam tubuh dan harus diperoleh dari makanan sumber protein. Mereka adalah histidin, lisin, dan threonin.
-Histidin berfungsi mendorong pertumbuhan
dan memperbaiki jaringan tubuh yang rusak (Edison 2009). Asam amino ini juga bermanfaat baik untuk kesehatan radang sendi. Histidin merupakan asam amino yang esensial bagi perkembangan bayi, tetapi tidak diketahui pasti apakah dibutuhkan oleh orang dewasa (Linder 1992).
-Lisin berfungsi sebagai bahan dasar antibodi darah, memperkuat sistem sirkulasi, mempertahankan pertumbuhan sel-sel normal bersama prolin dan vitamin C akan membentuk jaringan kolagen, menurunkan kadar trigliserida darah yang berlebih. Kekurangan lisin dapat menyebabkan mudah lelah, sulit konsentrasi, rambut rontok, anemia, pertumbuhan terhambat dan kelainan reproduksi (Edison 2009).
-Treonin dapat meningkatkan kemampuan usus dan proses pencernaan, mempertahankan keseimbangan protein, penting dalam pembentukan kolagen dan elastin, membantu fungsi hati, jantung dan sistem syaraf pusat serta
mencegah serangan epilepsi (Harli 2008).
Keunggulan lain yg selalu dibanggakan sama anak-anak perikanan adalah negara kita lebih luas "lautannya dibanding daratannya" itu berati ketersediaan MY lebih banyak dibanding yeast yg biasa nah yg menjadi PR berasama adalah bagaimana cara mengoptimalkannya MY ini agar bisa menjadi produk yg baik. Ayo kita jawab tantangan ini insyaAllah...sekian wassalam
*bongkar muka seriusnya :) 

0 komentar:

Posting Komentar

Monggo....^_^