Kram Saat Menstruasi ? Katanya Sangat Menyakitkan!

Leave a Comment
      Pengalaman yang tidak mengenakkan pastinya bagi kaum perempuan, bahkan akan merubah semua jadwal kegitanmu yang sudah kamu planning sendiri hanya karena untuk meringkuk sambil menekan perut. Bener-bener sangat mengganggu, tetapi memang rasa sakit yang dialami antara satu orang dengan orang yang lainnya beda-beda bahkan ada yang belum pernah mengalami kram saat haid saya sendiri Alhamdulillah jarang merasakannya. Hal ini dikarenakan pola kebisaan hidup yang berbeda-beda, namun yang sering ditemukan rata-rata mahasiswi hampir pernah mengalaminya, karena kebanyakan mahasiswi itu sudah jarang banget untuk berolahraga, pola makanannya jarang diperhatikan apalagi kalau sudah dilanda kesibukan cenderung asal makan tanpa melihat efek kesehatan serta kesibukan yang banyak menyebabkan otot dan saraf tegang sehingga mengakibatkan stress sehingga mempengaruhi hormon dalam tubuh kita saat menstruasi datang. Pencegahan bisa dilakukan untuk membantu agar tetap bisa beraktivitas seperti biasa, berikut adalah cara sederhana yang bia ditiru dari teamsugar.com:
1. Atur makanan sehat termasuk makan banyak sayur dan buah serta perbanyak minum air putih. Cara ini juga bisa digunakan untuk meneliti pengaruh makanan tertentu terhadap menstruasi.
2. Konsumi kalsium, magnesium dan vitamin D ekstra atau anda juga dapat menambahkan vitamin B kompleks. Mineral-mineral ini sangat penting dalam menjaga fungsi otot. Otot-otot yang lemah (misalnya uterus) cenderung mudah mengalami kram.
3. Beberapa studi ilmiah menemukan bukti bahwa xenoestrogens dan fitoestrogen biasanya merupakan penyebab kram saat menstruasi. Xenoestrogens merupakan zat yang menyerupai estrogen. Xenoestrogens bisa berupa zat-zat kimia yang terdapat pada barang-barang yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari seperti lotion, shampo, serta deterjen. Sedangkan fitoestrogen adalah estrogen tumbuhan yang bisa ditemukan pada beberapa herbal. Kram bisa diatasi dengan menjauhi kedua zat ini selama menstruasi. Xenoestrogens dan fitoestrogen bisa menyebabkan kekurangn magnesium dan vitamin B. Kekuangan magnesium bisa memicu kram dan kekurangan vitamin B bisa memicu neurophaty.
4.Bisa juga relakskan otot-otot anda, misalnya dengan menggunakan minyak lavender saat mandi.
5. Mandi air hangat atau mendekatkan botol diisi air hangat ke perut dan punggung bagian bawah juga bisa membantu.
6. kram perut tak perlu dikuatirkan karena fluktuasi hormon membuat tubuh kita bereaksi. Adalah hormon prostaglandin yang memicu kontraksi pada rahim kita, jelas Susan Brill, MD., direktur dari Saint Peter’s University Hospital. Brill juga menyebutkan, hormon prostaglandin juga membuat usus kita berkontraksi sehingga menyebabkan diare dan mual. Olahraga sebelum menstruasi dapat melenturkan otot-otot perut kita. Sehingga bisa meminimalisir kontraksi rahim pada saat hormon prostaglandin memuncak.
7. Hindari berdiri untuk jangka waktu lama jika punggung bawah Anda sakit.
8. Anda juga bisa memijat punggung bagian bawah untuk meredakan ketegangan dan mengurangi rasa sakit.

0 komentar:

Posting Komentar

Monggo....^_^