Buat Si Gemuk dan Semua Sajalah

6 comments
Masih ingat tulisanku tentang “Chose live yoghurt !” http://alifkj.blogspot.com/2011/04/chose-live-yogurt.html masih gak bosen juga aku bubuhin si yoghurt di tulisanku ini^^. Hidup sehat itu mutlak penting walaupun datangnya penyakit dan yang menyembuhkan itu jelas Allah. Tapi Allah sudah nyuruh kita tuk menjaga kesehatan kita sebagai tanda syukur kita, dan tuk menjaga kesehatan itu salah satunya dengan menjaga kebaikan sumber nutrisi yang masuk dalam tubuh kita. “Maka makanlah yang halal lagi baik dari rezki yang telah diberikan Allah kepadamu; dan syukurilah nikmat Allah, jika kamu hanya kepada-Nya saja menyembah” (An-Nahl: 114).
Buat si gemuk ya…~_^ tapi buat si kurus juga penting... orang dikatakan gemuk itu karena berat badan tubuhya itu tidak ideal antara tinggi badan dan berat badannya yang kelebihan. Nah kecenderungan kegemukan itu karena kolestrol yang menumpuk. Ngomongin masalah kolestrol itu tidak semua buruk lo ada juga yang baik yang malah dapat mengendalikan kolestrol itu sendiri dalam tubuh, trigliserida, tekanan darah, dan gula darah. Kalau kolestrol yang menimbulkan penyakit itu jelas yang dikenal dengan kolestrol jahat istilah jawanya LDL (Low Density Lipoprotein) , biasanya malah LDL ini yang sering masuk dalam tubuh kita lewat jajanan yang digoreng itu yang apabila minyaknya digunakan berulang-ulang wuahhh malah kadang-kadang sampai hitem banget pokoknya digunakan terus sampai pembeli terakhir...ngeri…! Bukan hanya pada jajanan yang digoreng aja sih tapi bisa lewat makanan lain juga seperti pada keju, mentega dll. 

Sebenernya tu makanan halal kan jadi kalau dimakan sekali-kali ya tidak apa2lah asal ndak banyak dan ndak keseringan aja. Kerena jika terlalu banyak mengkonsumsi lemak LDL ini, maka seberapapun kita mengkonsumsi lemak baik HDL tetep aja tidak mampu melawan, karena lemak LDL akan bekerja dua kali lebih kuat, jadi jangan manjakan diri kita dengan LDL ya…, sedangkan HDL merupakan penyapu ranjau kolesterol dengan cara mengangkut kolesterol yang berkeliaran di dalam pembuluh darah untuk dibawa ke hati dan diubah menjadi asam empedu, kemudian akan dibuang melalui tinja. Oleh karena itu, kolesterol ini disebut sebagai kolesterol baik.
Nah nih yoghurt juga dapat menjadi alternatif untuk mendegradasi kolestrol dalam tubuh kita. Katanya dr. Carmen ( 2009), penelitian pada beberapa orang yang mengonsumsi yoghurt secara teratur dalam jumlah dan waktu tertentu ternyata menunjukkan jumlah kolesterol dalam serum darahnya menurun. Mekanisme penurunan kolesterol ini bisa terjadi karena bakteri asam laktat yang ada dalam yoghurt dapat mendegradasi kolesterol menjadi coprostanol. Coprostanol ini merupakan zat yang tak dapat diserap oleh usus. Berkat yoghurt, coprostanol dan sisa kolesterol dikeluarkan bersama-sama tinja. Sebuah laporan mengenai hal ini memaparkan bahwa penurunan kolesterol oleh bakteri Lactobacillus dapat mencapai kisaran 27-38 persen.
Buat calon ibu atau yang udah menjadi ibu atau calon ayah atau yang sudah menjadi ayah ada ilmu dikit ni buat kebaikan generasinya….baca aja tulisanku selanjutnya tentang lemak penting banget buat ibu hamil dan bayi, dan ternyata si yoghurt juga sangat baik buat bayi lo apalagi kita sering menjumpai kan bayi itu suka diare gitu…., karena sekarang masih sibuk jadi lum sempet nulis hohoho…..tunggu di entri selanjutnya ya >_<

6 komentar:

  1. AAAAAAAAAKKKKKKKKKKKKUUUUUUUUU GGGGGGGGEEEEEEMMMMMMUUUUUUKKKKKK....




    TIDAKKKKKKKKKKKKKKKKKKK !!!

    BalasHapus
  2. ayo mencoba hidup VEGETARIAN..:):)

    BalasHapus
  3. hwkwkwkw...kenapa zein...? gemuuuuuk....

    BalasHapus
  4. Dua hal yang saya garisbawahi setelah membaca ini:
    1. Suka makan gorengan. Tiap hari makan dua buat sarapan.
    2. Sangat rendah kesadaran mengkonsumsi yoghurt.

    BalasHapus
  5. gorengan sih ndak apa2 karena memang pada kenyataanya makanan yg digoreng lebih enak karena minyak dpt membuat rasa gurih, tapi kalau minyaknya dipake bolak-balik ya jadi ndak enak juga baik jangka pendek ataupun pnjang,dan jajanan yg di sering kita temui itu tidak menjamin...:0 intinya ya jangan keseringan aja.. selain halal juga baik :)

    BalasHapus

Monggo....^_^